PEMBENTUKAN PENGHIJAUAN DI LINGKUNGAN SMP
NEGERI 38 BANDUNG
Karya Tulis Sederhana ini diperuntukan untuk memenuhi mata pelajaran
Bahasa Indonesia yang diajarkan oleh ibu Bariah,S.pd
Disusun oleh:
Febri Retno Wulansari
Aldy Rinaldi
Pursita Desi
Neng Irna
Erlangga Pratama
\
SMP NEGERI 38
BANDUNG
2012
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat, rahmat, serta karunia-Nya, sehingga kami penulis / penerbit dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah sederhana ini.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan karya tulis ini adalah untuk menghimbau siswa agar peduli akan lingkungan SMP Negeri 38 Bandung, sehingga lingkungan di SMP Negeri 38 Bandung menjadi asri.
Laporan ini disusun berdasarkan penelitian melalui study kepustakaan. Namun dalam penyusunannya, kami menyadari masih banyak kekurangan dan jauh dari taraf kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan rendah hati kami menanti saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pembaca.
Dalam kesempatan ini perkenankanlah kami menyampaikan rasa terimakasih kepada yang terhormat :
1. 1. Bapak Slamet Riyanto,M.M.Pd. , selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 38 Bandung
2. 2. Ibu Bariah,S.Pd. , selaku guru Bahasa Indonesia
3. 3. Semua rekan dan pihak-pihak yang telah membantu pembuatan karya tulis ini.
Satu harapan yang kami inginkan semoga karya tulis ini dapat berguna bagi pembaca.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ................................................................................................ 1
Daftar Isi .......................................................................................................... 2
BAB 1
1.1 1.1 Latar Belakang Masalah ....................................................................... 3
1.2 1.2 Rumusan Masalah ................................................................................ 5
1.3 1.3 Tujuan Penulisan .................................................................................. 5
1.4 1.4 Manfaat Penelitian ............................................................................... 5
BAB 2
2.1 Proses .................................................................................................... 6
2.2 Kondisi ................................................................................................... 6
2.3 Perawatan .............................................................................................. 7
2.4 Manfaat ................................................................................................. 7
BAB 3
3.1 Kesimpulan ............................................................................................. 8
3.2 Saran ....................................................................................................... 8
Daftar Pustaka .................................................................................................. 9
BAB 1
1.1 Latar Belakang Masalah
Adanya berbagai perubahan kondisi dan kualitas lingkungan tentunya akan bisa berpengaruh buruk terhadap manusia. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan, krisis air bersih, sekolah menjadi gersang. Hal ini lama kelamaan akan dapat berdampak global pada lingkungan, khususnya bagi kesehatan masyarakat dan sekolah itu sendiri.
Manusia memang terkadang tenggelam dalam rangkaian kegiatan yang terlalu berlebihan dan tidak memperhatikan kepentingan lainnya. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan, telah mengakibatkan kemerosotan kualitas lingkungan yang begitu parah. Hal ini hendaklah menjadi perhatian khusus bagi penanggung jawab sekolah dan komunitasnya dalam menata kembali lingkungan sekolah dari segala bentuk berbagai kerusakan lingkungan, disamping menciptakan dan membangun budaya pelaku pendidikan dalam berwawasan lingkungan.
Dalam konteks ini, tidaklah berlebihan jika gerakan ramah lingkungan pun bisa kembali digalakkan melalui program penghijauan lingkungan sekolah secara menyeluruh. Sebab, dalam rangka menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup, sangatlah perlu adanya kerja sama yang baik antara pemerintah, masyarakat dengan sekolah itu sendiri. Berbagai bencana alam yang sering melanda sebagian wilayah di negara kita pada dasarnya merupakan akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan.
Masalah lingkungan, seperti bencana banjir, bencana kekeringan, tanah longsor, kebakaran hutan, masalah sampah, dan meningkatnya kadar polusi udara merupakan masalah lingkungan yang bukan tergolong sepele. Betapa tidak? Sebab, tidak terselesaikannya atau berlarut-larutnya masalah lingkungan akan menghancurkan potensi pemenuhan generasi mendatang.
Pembangunan di berbagai sekolah hendaklah bisa memperhatikan ekosistem di sekitarnya. Janganlah, eksistensi lingkungan dikesampingkan oleh dalih penataan lingkungan tanpa menghiraukan kelestarian dan kenyamanan lingkungannya.
Menyikapi hal ini, sebagai pelaku pendidikan dan anggota masyarakat yang cinta lingkungan, paling tidak kita secara moral (etika) bisa ikut berpartisipasi pada setiap program yang berkait dengan kelestarian lingkungan hidup yang dicanangkan oleh pemerintah melalui lingkungan paling dekat dengan kita yaitu lingkungan sekolah.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Bagaimanakah proses pembentukan lingkungan penghijauan di SMP Negeri 38 Bandung?
1.2.2 Bagaimanakah kondisi penghijauan di SMP Negeri 38 Bandung?
1.2.3 Bagaimanakah perawatan perawatan lingkungan penghijauan di SMP Negeri 38 Bandung?
1.3 Tujuan
1.3.1 Untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan penghijauan di SMP Negeri 38 Bandung
1.3.2 Untuk mengetahui kondisi penghijauan di SMP Negeri 38 Bandung
1.3.3 Untuk mengetahui bagaimana perawatan lingkungan penghijauan di SMP Negeri 38 Bandung
1.4 Manfaat Penelitian
Dengan adanya penerapan penghijauan lingkungan sekolah diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup di wilayah Indonesia. Disamping adanya kesadaran masyarakat yang tinggi dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup dalam rangka mengantisipasi dari segala bentuk pengrusakan dan pencemaran lingkungan.
BAB 2
2.1 Proses
Hal yang perlu dilakukan dalam penghijauan adalah:
· Pengelolaan limbah/ sampah dan air
· Landscaping dan penghijauan
· Perawatan fisik bangunan dan lingkungan
· Sekolah menjadi pusat penghijauan (green school) yang bermanfaat bagi lingkungan
2.2 Kondisi
Kondisi Penghijauan di SMP Negeri 38 Bandung berjalan dengan lancar. Sehingga lingkungan menjadi hijau, asri, sehat, bersih dan terjaga.
2.3 Perawatan
Cara agar lingkungan tetap terjaga adalah:
· Jangan memetik, memangkas, merusak tanaman yang ada.
· Dilarang menginjak, bermain di taman rumput dan taman hias yang mengakibatkan rumput-rumput itu mati.
· Dilarang membuang sampah pada tanaman.
· Dilakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah sehingga taman terlihat indah.
· Di taman sekolah diupayakan agar terawat dengan cara menyapu, menyiram, meberi pupuk sehingga bertambah subur.
· Berilah obat pembasmi hama sehingga tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.
2.4 Manfaat
Membangun kesadaran siswa agar mempunyai wawasan lingkungan yang luas merupakan “pilar” dalam menjaga kondisi lingkungan benar-benar jauh dari berbagai sumber pengrusakan dan pencemaran lingkungan. Sebab, pada dasarnya masalah lingkungan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri.
Dengan pola pendidikan, melalui institusi pendidikan ataupun dengan penyuluhan langsung ke siswa secara sungguh-sungguh akan terciptalah akar budaya masyarakat yang mempunyai kesadaran lingkungan yang tinggi. Artinya, etika lingkungan akan menjadi pondasi dalam setiap pembangunan di Indonesia.
BAB 3
3.1 Kesimpulan
Penataan Lingkungan Sekolah menjadi Green School merupakan penataan lingkungan sekolah sehingga dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM dengan status: dalam ruang atau luar ruang, dalam ruang dan luar ruang, serta bermanfaat bagi lingkungan luar sekolah.
Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.
3.2 Saran
Mari kita lakukan penghijauan di lingkungan SMP Negeri 38 Bandung ini.
terima kasih kaka :) post kka sgt saya butuhkan utk tugas yang sama yaitu membuat karya tulis ^^
BalasHapusthanks yah
BalasHapusterima kasih ya atas karyanya :) saya sangat menghargai karya Anda ^_^
BalasHapuspsoting-annnya bisa bantu jadi referensi tugas karya ilmiah :3 terimakasih :))
BalasHapusThanks :) postingannya ngebantu :D
BalasHapusterima kasih,post nya sangat membantu :)
BalasHapusthankyouu ya, postingannya membantu :)
BalasHapusMKASI KKQ
BalasHapusThanks yaaa... :-)
BalasHapus#for text
haha makasii buat ujian prakteknyaa=)) wkwks
BalasHapus